\

PANDUAN LATIHAN CUPANG ADU

Tujuan melatih cupang adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran agar cupang tetap prima saat sedang bertanding maupun sedang mengikuti kontes.

Ada banyak cara melatih cupang, ada latihan jantur, latihan putar, latihan mengumbar cupang jantan diakuarium besar dan masih banyak lagi.

Latihan berikut adalah latihan yang lazimnya dilakukan oleh para penghobiis cupang adu asal malaysia.

Latihan dilaksanakan 2 x sehari yaitu pagi dan sore hari dan latihan berlangsung serentak sedikitnya 4 ekor cupang sekaligus. Caranya sediakan toples berukuran besar sebanyak cupang yang mau dilatih (minimal 4 ikan = 4 toples).


Biasanya toples yang digunakan seperti toples kaca yang biasa digunakan untuk menyimpan asinan. Lalu buat penyekat dari karton/kertas berukuran sama dengan toples yang digunakan. lalu lipat sedikit kertas penyekat dibagian sudut bawah kiri hingga ada selah untuk cupang dapat melihat ketika semua toples disandingkan berjejer secara horizontal.

Tahap selanjutnya sandingkan semua toples lengkap dengan kertas penyekat yang sudutnya telah dilipat.  Masukan cupang dan biarkan selama 10 menit beradaptasi didalam toples tersebut.  Setelah cupang mulai mengenali lingkungannya ikan akan berhasil menemukan celah disudut bawah toples karena celah lipatan kecil dan ikan mulai mencoba mengintip tetangga lainnya yang ada disisi kiri maupun kanan.  ketika itu mulai putar bagian permukaan air dengan mengunakan serokan kecil searah putaran jarum jam secara perlahan-lahan sebanyak 10-15 x putaran. ikan akan mulai mencoba melawan arus yang kita buat. bila arus sudah mulai pelan putar kembali dan seterusnya kombinasi kekuatan putaran dengan arah yang sama searah putaran jarum jam. lakukan latihan ini selama kurang lebih 1 jam.

Latihan disore hari dilakukan juga sama dengan yang dilakukan dipagi hari, namun bedanya perlakuan putaran berlawanan arah putaran jarum jam. perlakuan latihan ini dilakukan minimal 7 hari. dan menjelang kontes atau pertarungan harus beristirahat minimal selama 2 hari.

Berikutnya adalah cara mencapai hasil terbaik dalam melatih cupang.

-Ketika cupang telah ditangan anda. pastikan ikan terlebih dahulu sudah cukup lama berada dalam masa peng-renan. minimal ren adalah satu minggu. semakin lama semakin baik. selama peng-renan dilakukan dengan benar maka ikan akan menjadi lebih dewasa, bermental, sehat dan seluruh sisik dan bulu yang terkoyak atau kurang sempurna akan tumbuh menjadi bagus.

-Selanjutnya adalah memasukan cupang kedalam tabung jantur selama 5 hari. tinggi tabung jantur minimal 60 cm dengan ukuran minimal 15 x 15 x 60.

“UMBAR” (running)

Setelah 5 hari didalam tabung jantur, cupang akan memiliki mental soliter yang lebih baik dan matang. cupang akan sangat primitiv dan garang. saatnya melatih kekuatan dan ketahanan tubuh cupang secara bertahap. pada tahan pemanasan di 2 hari pertama selama 1 jam cupang masuk dalam pola latihan umbar.

Caranya cupang dimasukan kedalam akuarium yang terisi air sebanyak 75% berukuran minimal 100 x 50 x 100. setelah 10 menit masukan 5-6 cupang betina berukuran kecil. efeknya cupang aduan akan sangat explosif dan bergerak menari-nari mengelilingi akuarium dan pada akhirnya mengejar dan mencoba memukul betina tersebut. lalu angkat dan taruh cupang di wadah peristirahatan seperti toples cherry atau pless nescafe.

-Memasuki hari ke 3. latihan diperpanjang waktunya. kali ini lakukan latihan putar cupang perlahan-lahan di toples cherry selama 1 jam. putaran dilakukan searah jarum jam selama 30 menit dan 30 menit putaran berbalik arahnya. setelah itu lakukan latihan seperti hari pertama dan kedua. total keseluruhan latihan adalah 3 jam. lalu angkat dan taruh cupang di wadah peristirahatan seperti toples cherry atau pless nescafe.

-Memasuki hari ke 4 kembali lagi latihan diperpanjang waktunya menjadi 4 jam. kali ini latihan putar 2 jam dan latihan umbar 2 jam.

-Memasuki hari ke 5 sampai 6 cupang hanya melakukan latihan umbar selama 4 jam.

-Memasuki latihan ke 7 sampai 10 cupang melakukan latihan umbar 3 jam dan putar 2. latihan selesai!

Pada akhirnya cupang memasuki masa istirahat selama 3 hari didalam toples cherry atau pless nescafe. air cukup setinggi 5cm. dan 10jam sebelum pertarungan pastikan cupang makan jentik secukupnya. lalu 2 jam sebelum pertarungan pancing insting bertarung cupang dengan menyandingkan jantan lain yang juga galak dan berani. cupang yang sehat saat itu akan membuang kotoran. bila hal itu terjadi maka dipastikan cupang sehat dan sangat siap bertarung.

*Catatan penting : pemberian makan hanya dilakukan pada malam hari selama proses latihan. pakan yang digunakan adalah Jentik nyamuk (Ncuk) atau Kutu air. 
Selamat mencoba

Sumber Artikel : KINGQUARIOR

______________________________________

Betta Fighter Ideal Body Structure

Sebuah pemahaman sederhana secara umum dan kasat mata untuk mengenali ciri-ciri cupang adu yang bagus berdasarkan struktur dan karakteristik tubuhnya.

>>>click for larger image>>>>>>

TRAINING MERAWAT CUPANG ADU

Ikan yang baru harus kita letakan/tempatkan didalam wadah berwarna gelap yang sisinya tertutup seperti ember dan botol besar bekas air mineral yang di cat bagian luarnya kurang lebih 1 sampai 2 minggu.

Letakan ikan ditempat yang terjangkau oleh sinar matahari pagi yang tidak menyengat dan didalamnya kita berikan daun ketapang kering secukupnya agar kondisi dan Ph air menjadi lebih cocok dan nyaman bagi ikan, gantilah air tersebut dua atau tiga hari sekali dan jangan lupa agar ikan diberi makan setiap hari.....>>>lanjut baca>>>

Share CUPANGADU.COM di :
FacebookTwitter
Designed, developed and maintained by Robert G. @2011